LfzVJj0YR3boMK1tn4hfkSI1wQKdumXVIf1BgRbR

SMP VIP AL-HUDA KEBUMEN melaksanakan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

SMP VIP AL-HUDA KEBUMEN merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. 
SMP VIP AL-HUDA KEBUMEN melaksanakan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Kurikulum ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu hal yang membedakan kurikulum merdeka belajar dengan kurikulum sebelumnya adalah adanya kegiatan berbasis Proyek, yang bernama Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek. 

Projek P5 ini adalah pembelajaran baru yang dimunculkan pada sekolah penggerak dan dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi serta karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. 

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Kegiatan P5 ini merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila. 

Pelaksanaan P5 di SMP VIP AL-HUDA KEBUMEN menggunakan sistem blok yaitu 1 minggu penuh sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. 

Perhitungan waktu pelaksanaan P5 dalam 1 tahun 486 jam pelajaran atau 30% dari alokasi total jam pelajaran. Terdapat 3 Projek dalam 1 tahun, sehingga tiap projek memiliki alokasi waktu 162 JP. 

Dalam satu tahun memilih tiga tema yang harus di projekan, 3 projek tersebut yaitu: 

  • Proyek 1 dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya, 
  • Proyek 2 dengan tema Kesehatan, 
  • Proyek 3 dengan tema Suara Demokrasi. 

SMP VIP AL-HUDA KEBUMEN melaksanakan kegiatan P5 dimulai dengan proyek bangunlah jiwa dan raganya, yaitu siswa berkreasi membuat senam kreasi dengan lagu-lagu nasional maupun daerah. 
Mendapatkan Dorprice dari bu dokter
Praktek membuat senam kreasi di dampingi oleh Bapak Ibu guru wali kelas masing-masing. 
Proyek ini dilaksanakan dari tanggal 09 Oktober 2023 oleh siswa kelas 7.


Related Posts

Related Posts